Wisata Religi Masjid Agung Tiban Turen Malang, benarkah yang konon selesai dibangun dalam satu malam ? simak ulasan berikut ini !

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 92 kali

Masjid Agung Tiban Turen

Wisata Religi Masjid Agung Tiban Turen Malang, benarkah yang konon selesai dibangun dalam satu malam ? simak ulasan berikut ini ! - Seperti yang sobat wesata ketahui, Kabupaten Malang  merupakan salah satu kota yang memiliki beragam wisata. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata kulineran, hingga wisata religi. Dalam kategori wisata religi, Masjid Agung Tiban adalah salah satu tempat yang kerap dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Selain tempatnya yang bagus, juga karena tempat tersebut berkonsep nuansa religi sehingga dirasa dapat memberikan ketenangan kepada semua pengunjung.

 

Masjid Turen atau biasa disebut Masjid Agung Tiban Turen, adalah salah satu wisata religi yang berada di kawasan Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur. Sempat beredar isu miring tentang Masjid Tiban yang katanya selesai dibangun dalam satu malam, namun berdasarkan fakta yang ada, hal tersebut tidaklah benar. Masjid Tiban sebetulnya dibangun oleh para santri serta jamaah pondok pesantren salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Tempat ini merupakan pondok pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah) yang dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kyai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam.

 

Keistimewaan dan Keunikan dari Masjid  Agung Tiban

 

Beberapa keistimewaan dari Masjid Agung Tiban Turen ini adalah bangunannya yang begitu megah, besar, dan luas yang mempunyai 10 lantai dengan beberapa fungsi per lantai yang berbeda beda, serta memiliki gapura atau gerbang depan yang amat megah dengan ketinggian sekitar 30 meter.  Masjid ini memiliki perpaduan arsitektur yang bergaya Timur Tengah, China, dan india. Wallahu A'lam.

 

Pun keunikan dari Masjid Tiban Turen Malang yaitu terdapat kolam renang dilengkapi dengan perahu yang hanya dapat ditumpangi oleh anak-anak. Selain itu, terdapat kebun binatang mini yang memiliki beberapa jenis hewan, seperti kijang, monyet, kelinci, ayam dan burung. Oleh karena beberapa keunikan dan keistimewaan itu lah yang membuat daya tarik tersendiri dari para pengunjung.

 

Lokasi Masjid Agung Tiban

 

Masjid Agung Tiban berada di Jl. KH. Wahid Hasyim, Gang Anggur Nomor 10, Rt 07, Rw 06, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Bangunan masjid ini memiliki luas area sekitar 4 hektar. Bangunan ini baru digunakan sekitar 1,5 hektar. Arsitektur Masjid Tiban Turen Malang dirancang oleh KH Ahmad Bahru Mafdlaludin Soleh yang merupakan hasil dari istikharah beliau. Pembangunan masjid ini semua dikerjakan oleh para santri yang berjumlah kurang lebih 250 orang dan dibantu oleh beberapa masyarakat sekitar pondok.

 

Referensi :https://akurat.co/masjid-tiban-turen-malang-yang-konon-dibangun-oleh-jin-dalam-waktu-semalam

Tag: #Wisata Religi# WisataReligiJawaTimur