Wisata Air Terjun Melanggar, Wajib diKunjungi!

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 34 kali

air terjun melanggar
Seperti yang kita ketahui semua, bahwa Provinsi Kalimantan Barat atau yang biasa disingkat Kalbar merupakan salah satu provinsi yang terkenal dengan julukan provinsi “Seribu Sungai”. Julukan ini selaras dengan kondisi geografis daerahnya yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang di antaranya dapat dan masih sering dilayari. Bahkan beberapa sungai besar sampai saat ini juga masih merupakan sumber dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.

Oleh karena julukan seribu sungai tersebut, maka tidaklah heran lagi jika terdapat banyak sungai-sungai yang berhulu hingga membentuk sebuah air terjun yang indah seperti halnya Air Terjun Melanggar.

Air terjun Melanggar atau yang sering disebut juga Banangar, Mananggar, dan Menaggar adalah patahan sungai landak yang menjadi wisata alam berupa air terjun. Letak air terjun ini berada di hulu Sungai Landak, sekitar 290 km arah timur laut Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat. Air terjun Melanggar ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah.

Keunikan Air Terjun Melanggar
air terjun melanggar

Beberapa keunikan dari Air Terjun Melanggar ini tepatnya berada di area danaunya yang berda dibawah air terjun. Danau ini memiliki luas kurang lebih 2 hektare yang berbentuk bulat. Danau ini sering sekali digunakan untuk memancing, mandi, hingga berenang oleh para pengunjung sekitar.

Selain itu, disebelah kiti atas disekitar air terjun ini, juga terdapat sebuah tempat yang mana Secara kebudayaan tradisional masyarakat sekitar sering digunakan untuk memohon rezeki kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tradisi ini telah dilakukan Secara turun menurun sejalk ratusan tahun lalu sampai dengan sekarang ini.

Selanjutnya, dibagian atas juga terdapat Gunung Pejapa yang mengelilingi air terjun melanggar. Terdapat pula hutang yang masih utuh serta sangat dilindungi keberadaanya. Dan terakhir yang menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini yaitu terdapatnya sebuah Gua Sanjan yang didalamnya terdapat air terjun kecil dan sungi kecil.

Lokasi dan Aksesibiltas

Air terjun Melanggar ini tepatnya yakni berada di di Dusun Perbuah, Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Akses menuju ke dasar air terjun ini, bisa dibilang masih sangat sulit sekali. Jalan yang hanya setapak itu tertutup belukar sehingga wisatawan lebih suka menikmati pesonanya dari atas air terjun.

Untuk menikmati keindahannya, para pengunjung harus memiliki penuh kesabaran. Pengunjung akan melintasi perjalanan yang panjang, jauh, dan berliku liku tentunya. Untuk mengunjungi air terjun Melanggar, Anda akan menempuh waktu sekitar 6 sampai 7 jam dengan menaiki kendaraan dari Pontianak ke kecamatan Air Besar.

Sumber : Air Terjun Melanggar


Tag: #KalBar# Air Terjun Melanggar