Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta

Dipublish tanggal oleh Egi. Artikel ini telah dilihat sebanyak 6 kali

 

Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta – Berkunjung ke tempat-tempat bersejarah itu menyenangkan loh. Kami jadi lebih tau bagaimana sejarah bangsa kita melawan penjajajah. Salah satu Kota di Indonesia yang punya banyak bangunan bersejarah adalah Jakarta.

Dibalik perkembagangan modernisasi yang pesat di Kota Metropolitan ini, ada berbagai macam tempat bersejarah yang meninggalkan kisah-kisah menarik yang kamu harus tahu. Khusus para anak kost atau anak muda, wajib banget berwisata ke tempat bersejarah ini biar gak lupa dengan sejarah bangsa dan makin cinta dengan tanah air. Hampir sebagian besar tiket masuk tempat wisata bersejarah ini gak mematok harga mahal. Jadi, ini sih pas banget buat kamu yang mau berwisata yang low budget.

 

Dimana Sih Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah Di Jakarta?

Jakarta punya tempat bersejarah yang jadi saksi bisu masa penjajahan sejak kolonian Belanda. Nah, di bawah ini adalah Rekomendasi Tempat Wisata Bersejarah di Jakarta terbaik yang wajib dikunjungi. Yuk simak sampai akhir!

 

Monumen Nasional

Menumen Nasional atau Monas ini adalah sebuah bangunan yang sering jadi ikon Kota Jakarta maupun Indonesia. Monas dibangun pada tahun 1961 sebagai tugu peringatan perjuangan bangsa dalam melana penjajah.

Uniknya, di puncak bangunan tugu terdapat bagian yang mirip seperti api yang terbuat dari emas. Bentuk api ini melambangkan semangat bangsa yang terus berkobar dan tidak pernah padam.

Selain itu Monas juga dijadikan sebagai tempat wisata. Rasanya gak lengkap kalau udah di Jakarta tapi gak mampir ke monumen ini.  Itu sebabnya Monas jadi salah satu wisata bersejarah yang selalu masuk daftar destinasi wisata yang wajib dikunkungi.

Di dalam gedung yang memilki tinggi 132 Meter ini di dalamnya terdapat museum yang bernama Museum Monumen Sejarah National. Di dalamnya terdapat 51 diorama yang menceritakan sejarah zaman pra sejarah sampai masa kolonial. Di gedung ini kamu bisa melihat pemandangan Kota Jakarta yang indah dengan teropong.

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Utara No.2, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Jam Buka: 08.00 – 10.00 WIB (Bisa berubah saat Pandemi Covid-19)

Kisaharan HTM: Rp15.000

 

Museum Fatahillah

Dulunya bangunan ini difungsikan sebagai Balai Kota Batavia selama 2 Abad lamanya. Selain itu bangunan dulunya memiliki penjara bawah tanah dan penjara untuk para kaum elit di bagian belakang gedung.

Setelah Jepang datang sampai pasca kemerdekaan, gedung ini selalu beralihfungsi. Sampai akhirnya diresmikan sebagai cagar budaya dan museum.

Saat ini Museum Fatahillah jadi destinasi wisata bagu bara wisatan lokal bahkan luar negeri. Saaat memasukinya, kamu bakal disambit dengan suasana banguna khs Eropa. Di Museum ini terdapat kurang lebih 23.000 benda-benda bersejarah.

Lokasi: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, West Jakarta City, Jakarta 11110

Jam Buka: 09.00 – 15.00 WIB (Bisa berubah saat Pandemi Covid-19)

Kisaran HTM: Rp5000

 

Museum Bahari

Sebelum menjadi museum, dulunya kawasan ini dekenal sebagai komplek gudang VOC yang digunakan menyimpan komoditi utama, seperti rempah, teh, kopi, tembaga, timah, dan teksitil.

Saat penjajahan sekutu, Jepang juga pernag menggunalan kawasa ini sebagai tempat penyimapanan logistik Jepang pada Masa penjajahannya.

Pada 6 Juli 1977, salah satu bagian di kawasan yang penuh sejarah ini ini diresmikan sebagai museum yanh samapai sekarang disebut dengan Museum Bahari. Di dalamnya terdapat banyak sekali peninggalan sejarah kejaayaan Maritiman Indonesia, seperti kapal tradisional dari seluruh daerah, pekakas nelayan, foto tokoh-tokoh yang berpengaruh besar dalam di Indonesia.

Banguanan cantiknya juga sering jadi tujuan para anak muda untum cari tempat foto estetik loh.

Lokasi: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440

Jam Buka: 08.00 – 04.00 WIB

Kisaran HTM: Rp5000

 

Museum Bank Indonesia

Gak jauh dari Museum Fatahillah, ada Museum Bank Indonesia yang akan menceritakan kebapa kamu bagaimana sejarah perekonomian Bangsa indonesai.

Museum ini menampilkan dokumen-dokumen penti dan bersejarah yang masih dirawat dengan bagian. Ada juga diorama yang menceritakanya bagaimana sih gambaran perekonomian di Indonesia. Lebih serunya lagi, kamu bakal menemukan banyak aneka mata uang dari tahun ketahun sejak sama pra kerajaan. Selain itu ada banyak hal lainya cerita sejarah yang akan kamu temukan di museum ini. Seru kan?

Lokasi: Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: 08.00 – 03.30 WIB

Kisaran HTM: Rp5000

 

 

Berita ini telah tayang sebelumnya di https://blog.dparagon.com/rekomendasi-tempat-wisata-bersejarah-di-jakarta/

Tag: #Wisata Jakarta#Wisata Sejarah