Pulau WEH, Surga Tersembunyi di KM 0 Meter Indonesia

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 29 kali

Pulau Weh

Hallo sobat wesata semua.. gimana nih kabar Liburan kalian kali ini? Liburan memang menjadi salah satu hal wajib dan bahkan rutin dilakukan oleh sebagian orang. Hingga tak heran jika banyak diantara kita yang juga menghabiskan waktunya untuk berlibur dengan eksplor wisata alam. Nah, jika sobat wesata adalah salah satu type orang yang mimin sebutkan diatas, wajib banget nih, eksplor wisata alam yang satu ini. Yakni Pulau WEH.

Pulau Weh

Pulau WEH adalah salah satu pulau yang terkenal dengan sebutan Pulau Sabang sekaligus Pulau Vulkanik yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini dulunya pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, akan tetapi kemudian terpisah oleh laut setelah tragedy meletusnya gunung berapi yang terakhir kali pada zaman Pleistozen. Banyak ikon menarik yang dapat kita temukan ketika kita berkunjung kesana. Salah satunya yaitu KM 0 – symbol batas terluar NKRI.

KM 0 Meter Indonesia

Terdapat empat pulau kecil yang mengelilingi Pulau Weh yaitu : Klah, Rubiah, Seulako, dan Rondo. Di antara keempatnya, Pulau Rubiah terkenal sebagai tempat pariwisata menyelam karena terumbu karangnya. Disini, kita dapat menikmati keindahan bawah laut dengan santai seperti menyelam maupun dengan beberapa aktifitas seru yang lainnya. Selain itu juga Pulau WEH juga terkenal akan keragaman ekosistem bawah laut yang masih sangat beragam dan terjaga. Beberapa spesies langka masih dapat kita jumpai di pulau ini. Hiu bermulut besar dapat ditemukan dipantai pulau ini. Pulau ini juga merupakan satu-satunya habitat katak yang kini spesiesnya terancam punah, yakni jenis Bufo Valhallae (genus Bufo). Berbagai terumbu karang juga berjejer rapih dibawah laut sehingga banyak diketahui menjadi salah satu habitat dari spesies ikan.

 

Lokasi Pulau WEH

Pulau WEH, tepatnya terletak di Laut Andaman yang berada diantara lempeng tektonik kecil yang masih aktif. Jadi tidak heran juga, jika banyak terdapat pegunungan disekitar pulau ini. Pulau ini terbentang sepanjang 15 kilometer (10 mil) di ujung paling utara dari Sumatra.

Akses menuju pulau ini tergolong mudah apabila kita sesuai dengan jalur termudah yang kita ambil. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan saat berkunjung ke sini. So, tunggu apalagi yukk habiskan hari libur kalian untuk bereksplor di wisata alam yang satu ini..

Have a Nice Holiday Sobat Wesata...

Tag: #SurgaIndonesia# Pulau# Pulau WEH