Keseruan Wisata ke Teluk Kiluan, Bisa Bermain dengan Dolphin!

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 29 kali

teluk kiluan
Keseruan Wisata ke Teluk Kiluan, Bisa Bermain dengan Dolphin! - Halo sobat wesata, Kembali lagi nih mimin akan mengajak para reader setia website Wesata untuk menyimak keseruan ketika berwisata ke Teluk Kiluan. Yuhuy Teluk Kiluan, yang mana akan menjadi pengalaman yang tak kan terlupakan oleh benak Kalian saat berkunjung ke sini. Karena pasalnya, keasyikan bisa bermain dengan banyak Dolphin / lumba-lumba akan bisa Kalian rasakan disini.

Teluk Kiluan merupakan objek wisata teluk yang terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung dengan potensi wisata bahari dan terkenal dengan banyaknya lumba-lumba dan paus di sekitar Teluk Kiluan. Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alamnya dan merupakan surganya para pemancing kelas senior. Karena setiap tahun diadakan lomba mancing yang diikuti oleh para pemancing handal se-Indonesia.

Daya Tarik

1. Banyak Lumba-lumba
dolphin di teluk kiluan

Salah satu keistimewaan Teluk Kiluan adalah atraksi lumba-lumba di laut lepas. Di Teluk Kiluan, Anda bisa melihat koleksi ratusan lumba-lumba. Teluk Kiluan berfungsi sebagai jalur migrasi dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus) dengan tubuh abu-abu yang lebih besar. Yang kedua adalah lumba-lumba berparuh panjang (Stenella Longirostris) yang berukuran lebih kecil. Jumlah kedua lumba-lumba tersebut sangat banyak karena diperkirakan yang melewati Teluk Kiluan mencapai ratusan bahkan ribuan ekor lumba-lumba. Kedua jenis lumba-lumba ini cukup akrab dengan manusia. Lumba-lumba suka mendekati perahu yang lewat atau berlayar di laut lepas. Ketika ingin melihat Lumba-lumba, waktu yang tepat yakni di pagi hari pukul 06:00.

2. Laguna Guyau

Laguna Gayau atau kolam alami yang terletak di belakang Teluk Bukit Kiluan. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai spot Laguna Gayau karena terletak tepat di belakang bukit Teluk Kiluan. Ada juga pemandu lokal yang memandu wisatawan dan pengunjung pertama kali ke Teluk Kiluan dengan biaya Rp 50.000 untuk pulang pergi. Untuk memasuki area laguna, Anda perlu membeli tiket Rp 5.000 per orang. Untuk mencapai laguna, wisatawan dan pengunjung harus melintasi pantai yang sangat indah karena penuh dengan bebatuan besar, namun tetap harus waspada dengan ombak yang juga cukup besar. Setelah melewati pantai, Anda dapat melihat keindahan Laguna Gayau yang terbentuk oleh cekungan di tepi pantai dan dibatasi oleh dinding batu. Air lagunanya sangat jernih dan bersih dengan warna pirus. Kedalaman laguna bervariasi dari 1 hingga 3 meter, sehingga aman untuk berenang atau sekadar menyelam.

3. Snorkeling
teluk kiluan

Aktivitas water sport yang bisa kita lakukan di Teluk Kiluan Lampung disamping kegiatan mengejar lumba-lumba dan berbagai jenis ikan hias, adalah snorkeling. Sisi tepi pantai bervariasi, mulai dari pantai berpasir putih dengan kontur pantai yang landai hingga tebing-tebing bebatuan.

Lokasi Teluk Kiluan

Teluk Kiluan ini tepatnya terletak di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Lokasinya berjarak 73 km dari Bandara Lampung dan dapat ditempuh dalam waktu 3 jam dengan mobil.

Saat berkunjung ke Teluk Kiluan, di Sepanjang jalan sebelum memasuki pintu gerbang Teluk Kiluan, Anda akan dijumpai warung-warung dan toko kecil yang menjual berbagai makanan ringan dan minuman. Karena saat sudah memasuki area Teluk Kiluan, sangat sulit ditemukan warung dan toko penjual makanan dan minuman. Oleh sebab itu, disarankan untuk membawa makanan dan minuman secukupnya untuk bekal. So, tunggu apalagi ? yuk agendakan weekend Kalian dengan mengunjungi Teluk Kiluan.

Salam Traveling!

Sumber : Teluk_Kiluan

Tag: #Lampung# Teluk Kiluan# Lumba-lumba