Indahnya Gunung Kembar di Kota Batu, Malang

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 79 kali

arjuno-welirang

Mendengar kata gunung, apasih yang menjadi main idea sobat wesata ? yups, tentu soal ketinggian dan keindahan panorama sekitar yang menawan bukan..? Tidak salah, hal itu memang sangatlah benar. Banyak sebagian dari kita yang lebih memilih gunung sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburannya.

Berbicara soal gunung, tahukah sobat bahwa di kota Batu terdapat gunung yang kembar? Iya benar sekali Gunung Kembar Arjuno- Welireng. Gunung kembar ini terletak di Kota Batu, Malang Jawa Timur. Tidak heran jika banyak para wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berbondong-bondong datang ke tempat ini, meski hanya sekedar untuk berswafoto ataupun berkegiatan lain seperti camping, mendaki puncak gunung ataupun hanya untuk sejenak memanjakan Netra dengan pemandangan nan elok disana.


Lalu Mengapa di Sebut dengan Gunung Kembar ?

Tentu saja ini ada alasanya sendiri, yaitu karena terdapat sebuah kompleks gunung api kembar berjenis stratovolcano di Kabupaten Malang dan Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Kerucut gunung api dan kawah dari kedua Gunung ini terletak di sepanjang 6 km antara Gunung Arjuno danWelirang.oleh karena itulah, banyak yang menyebut dengan sebutan gunung Kembar.

Gunung kembar ini memiliki ketinggian puncak mencapai 3,339 mdpl. Jika sobat adalah seorang pendaki, belum lengkap rasanya bila belum menjelajah rute untuk sampai dipuncak gunung kembar ini. Terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk menuju puncak, yakni melalui jalur rute Lawang, Tretes, dan Batu.

Rute Pendakian Gunung Kembar Arjuno Welireng

Simak juga rute pendakian puncak gunung kembar welireng berikut ini :

Rute Lawang menuju Oro-Oro Ombo

Dari Lawang menuju desa Wonosari berjarak 13 Km bisa di tempuh dengan angkutan pedesaan, kemudian di lanjutkan ke perkebunan teh wonosari yang berjarak kurang lebih 3 Km. Disini pendaki harus mengurus surat ijin pendakian di Pos PHPA dan juga sekaligus menyiapkan perbekalan, karena ini merupakan Desa terakhir di kaki Gunung Arjuno.Dari tempat ini pendakian lanjutkan melewati kebun teh Wonosari selama 3 jam, medanya masih cukup Landai. Sekitar 1 jam terakir dari perjalanan akan melewati hutan Lamtoro dan Pinus, kemudian akan sampai di Oro-oro Ombo. Di sini Pendaki bisa mendirikan kemah untuk beristirahat.


Rute Oro-Oro Ombo menuju Puncak Arjuno

Perjalanan dari Oro-oro Ombo ke puncak Arjuno membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Dalam perjalanan, pendaki akan melewati Hutan lebat yang sering di sebut hutan Lali Jiwo, kemudian akan welewati padang rumput dengan medan yang cukup menanjak, di daerah ini banyak terdapat bunga edelwais. Mendekati Puncak arjuno pendaki akan melewati jalan bebatuan yang cukup terjal, barulah sampai di puncak Arjuno.Pada malam hari dari sini akan terlihat keindahan kota malang dan kota surabaya.

Puncak Arjuno Ke Puncak Welirang

Puncak Arjuno - Pasar Dieng - Puncak Kembar 2

Dari Puncak Arjuno ke pasar Dieng membutuhkan waktu sekitar 1 jam, kemudian perjalanan akan di lanjutkan ke Gunung kembar 2. Setelah menyusuri Hutan Pinus, pendaki akan sampai di puncak kembar 2.

Puncak kembar2 - Puncak Kembar 1 - Puncak welirang

Dari Puncak Kembar dua ke puncak kembar 1, pendaki akan melewati hutan pinus dan sampai pada persinpangan ke tretes dan ke Puncak kembar 1, kemudian perjalanan di lanjutkan ke puncak Welirang. Untuk perjalanan Turun bisa di lanjutkan lewat Jalur Tretes.


Lokasi Gunung Kembar Arjuno-Welireng

Gunung Kembar Arjuno-Welireng ini , Secara administratif berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.





Tag: #Gunung# Jawa Timur # Malang