Benteng Pendem di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 132 kali

Benteng Van den Bosch

Berwisata tidak melulu harus ke tempat – tempat yang identik dengan keindahan alam ataupun objek dilokasi yang begitu seru. Berlibur tidak terbatas akan tempat yang dapat dikunjungi. Salah satunya tidak ada salahnya jika Anda yang hendak berlibur untuk berkunjung ke destinasi wisata sejarah Benteng Van den Bosch.


Yups, Benteng Van den Bosch, adalah salah satu objek wisata baru yang akhir – akhir ini sedang ramai dibicarakan dan menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Kab. Ngawi, Jawa Timur maupun masyarakat dari luar daerah tersebut. Benteng Van den Bosch sering juga disebut dengan sebutan “Benteng Pendem” oleh masyarakat setempat. Hal ini karena, desain daripada benteng Van den Bosch ini adalah didesain dengan bangunan layaknya sebuah benteng pada umumnya sebagai daerah pertahanan bagi pasukan Belanda yang beberapa tahun silam berhasil menduduki wilayah Ngawi, dengan bentuk sedikit condong lebih dibuat rendah dari tanah disekitarnya yang lebih tinggi agar tersembunyi dan memenuhi unsur ideal bagi suatu benteng pertahanan. Hal inilah yang membuat seolah – olah dari luar terlihat seperti bangunan terpendam.

Benteng Van den Bosch

Keunikan dan Keistimewaan Benteng Van den Bosch


Benteng ini memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan tersendiri yang mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Salah satunya yaitu dari bentuk bangunannya. Benteng Van den Bosch ini memiliki ukuran bangunan 165 m x 80 m dengan luas tanah sekitar 15 Ha. Uniknya benteng ini dibangun dengan desain lebih rendah dari tanah disekitarannya sehingga terlihat seperti bangunan terpendam dari luar hingga disebutlah sebagai Benteng Pendem.


Selain itu, didalam benteng ini terdapat salah satu makam dari Pengikut Pangeran Diponegoro yang konon dikubur hidup hidup karena alasan yang mengancam pertahanan daripada pasukan Belanda. Juga terdapat beberapa peninggalan dari Pemerintahan Belanda juga yang masih banyak kita temukan disana. Dengan begitu dapat bertambah pula pengetahuan kita ketika berkunjung ke tempat ini.

Benteng Van den Bosch

Lokasi dari Benteng Van den Bosch

Benteng ini tepatnya terletak di Kelurahaan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Selain dari lokasinya yang mudah untuk dijangkau , Benteng Van den Bosch ini juga sangat strategis karena berada di sudut pertemuan antara Sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun. Dapat ditempuh baik dengan motor, mobil, ataupun angkutan umum yang bisa Anda gunakan untuk berwisata disana.


Berwisata sambil Belajar Sejarah, Mengapa Tidak ??

Benteng Van den Bosch

Referensi :https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Van_den_Bosch

Tag: #Wisata Sejarah # Van den Bosch