Air Mata Belanda, Wisata Alam Asri di Maluku Utara

Dipublish tanggal oleh Riani. Artikel ini telah dilihat sebanyak 89 kali

air mata belanda
Air Mata Belanda, Wisata Alam Asri di Maluku Utara - Pulau Bacan di utara Maluku memiliki destinasi wisata menarik bernama Air Mata Belanda. Namanya saja sudah pasti akan membangkitkan rasa penasaran orang seperti apa tempat wisata di Halmahera selatan ini. Sebenarnya tempat ini adalah wisata sungai air jernih.

Nama yang unik ini berasal dari sebuah cerita legenda masyarakat sekitar tentang satu keluarga berkebangsaan Belanda yang sedang piknik di sungai ini. Tiba-tiba salah satu anggota keluarga menjatuhkan alat makan, dan saat akan mengambilnya, salah satu anggota keluarga tersebut ikut hanyut ke sungai, dan saat keluarga lainnya ingin menolongnya juga ikut hanyut. Sehingga satu keluarga Belanda tersebut menangis histeris. Dari kejadian tersebut maka tempat ini dinamakan Air Mata Belanda.

Daya tarik Air Mata Belanda

Selain dari cerita sejarahnya yang unik tersebut, Air Mata Belanda ini juga memiliki beberapa daya tarik tersendiri. Sehingga banyak para wisatawan yang memilih juga berlibur ke tempat yang satu ini.

-> Air yang mengalir begitu jernih

Salah satu daya tarik utama dari lokasi wisata satu ini yaitu karena air yang mengalir begitu sangat jernih. Ini karena tempatnya yang masih termasuk di pedalaman membuat suasana lingkungan disekitarnya masih sangat alami dan asri. Menyusuri sungai adalah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan wisatawan yang ketika datang kesini.

-> Trekking jalan nya yang menyusuri hutan tropis

Daya tarik lain yang banyak diminati wisatawan untuk datang ke sini adalah jalur merangkak. Perjalanan untuk mencapai air mata Belanda adalah daerah hutan tropis. Untuk memulai perjalanan menuju resort tidak jauh dari Labuha yang terletak di belakang kantor DPRD Halmahera Selatan. Kemudian wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer melewati padang rumput yang indah hingga ke hulu sungai.

Namun ada aturan yang harus dipatuhi oleh para wisatawan yang datang ke sini. Bahwa tidak diperbolehkan memetik buah coklat dari pohon yang sudah diikat dengan pita kuning atau merah. Karena menurut kepercayaan penduduk setempat, jika seseorang berani mengambil buahnya, dia bisa terkena santet.

-> Suasana alam yang begitu asri

Karena letaknya yang cukup terpencil membuat kondisi alam di sekitar kawasan wisata sangat alami dan asri. Di kawasan wisata ini banyak terdapat pepohonan yang mengesankan dan tanaman hijau yang sangat rimbun sehingga memanjakan pemandangan. Selain para wisatawan yang bisa menikmati kesejukan dinginnya air sungai, para wisatawan juga bisa merasakan sejuknya suasana tempat ini. Ini adalah kombinasi sempurna bagi mereka yang ingin bersantai dan mencari ketenangan selama liburan Maluku Utara mereka.

Akses dan Rute Air Mata Belanda

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Air Mata Belanda, Anda harus mengunjungi Pulau Bacan yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan di Maluku Utara. Untuk mencapai tempat tersebut dapat menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Labuha atau menggunakan kendaraan umum.

Kemudian Anda bisa mulai berjalan kaki dari belakang kantor kecamatan Halmahera Selatan. Setelah tiba di lokasi, Anda harus berjalan kaki melalui trek sepanjang 1 kilometer melewati padang rumput dan hutan tropis.

Harga Tiket Masuk

Tidak seperti kebanyakan destinasi wisata lainnya yang mengenakan tarif masuk bagi para pengunjungnya yang berlibur. Untuk dapat masuk ke area wisata Air Mata Belanda Ini, para pengunjung tidak akan dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Karena tidak adanya pengelola wisata di tempat ini, tempat ini juga tidak memiliki jam buka. Wisatawan bisa datang ke sini kapan saja karena buka 24 jam. Namun waktu terbaik untuk datang dan berkunjung ke sini adalah di pagi hari. Karena pada pagi hari lingkungan alam di sini masih sangat sejuk dan dingin, dibandingkan dengan siang hari yang lebih hangat.

Fasilitas yang tersedia

air mata belanda
Untuk fasilitas di Air Mata Belanda ini, sejauh sampai saat ini masih dikatakan belum memadai. Ini karena Kawasan Air Mata Belanda ini belum dikelola oleh masyarakat setempat ataupun pemerintah. Jika Anda dan keluarga menginginkan berlibur di sini, alangkah baiknya untuk sedia perlengkapan dan bekal sendiri. Karena disepanjang lokasi Air Mata Belanda belum tersedia warung warung yang menjual makanan ataupun minuman.

Disarankan juga, para pengunjung untuk datang ke lokasi ini dengan tour guide atau dengan masyarakat setempat yang telah hafal soal tempat wisata Air Mata Belanda. Karena adapula beberapa aturan adat yang wajib dipatuhi pengunjung ketika hendak mengunjungi lokasi ini.

Nah, itulah seputar informasi destinasi wisata di Maluku Utara yang pas banget nih Anda kunjungi saat akhir pekan atau saat pekan Liburan.

Have a nive traveling and Salam Traveling !

Sumber : air-mata-belanda-halmahera

Tag: #Air Mata Belanda# Maluku Utara